Perbedaan Shared Hosting dan VPS

Telah menyelesaikan konsep dan memutuskan memulai membuat website ?, hal pertama yang anda butuhkan adalah mengetahui akan ditempatkan dimana file-file website tersebut. Sebagai panduan memulai proyek tersebut berikut ini perbedaan utama antara Shared Hosting dan VPS (Virtual Private Server).

Hosting, baik itu shared hosting atau lainnya (vps salah satunya) bisa menjadi topik yang menakutkan. Jika anda tidak familiar dengan istilah-istilah teknologi, sulit untuk bahkan sepenuhnya memahami apa itu hosting, apalagi tahu jenisnya!

Dalam posisinya di tahapan pembuatan website, hosting adalah salah satu kebutuhan dasar yang menjadi belanja tetap website. Olehnya itu, penting untuk mengenal hosting yang baik dan sesuai dengan kebutuhan website anda.

Ada banyak jenis hosting, tetapi pembahasan kali ini hanya akan fokus pada dua di antaranya: shared hosting dan virtual private server (VPS):

Mengenal Shared Hosting vs VPS

Sederhananya, Hosting adalah media penyimpanan data virtual. Cara media penyimpanan ini dipasarkanlah yang membuatnya terbagi menjadi beberapa jenis.

Sebagai. barang dagangan, para penyedia mengembangkan fitur-fitur tertentu Hosting untuk memanjakan penyewanya, nah sampai disini kita tahu bahwa perbedaan jenis-jenis hosting tersebut ada pada fitur yang dibawanya. Termasuk dalam hal ini shared hosting dan vps.

Secara singkat Shared Hosting adalah jenis hosting berbagi server -dan sumber daya yang ada didalamnya- bersama situs lain (atau pengguna lain), termasuk bandwidth, penyimpanan,… dan banyak lagi.

Sementara VPS adalah jenis “hosting” yang menciptakan wilayah virtual sendiri (anda dan masing-masing pengguna di penyedia layanan yang sama mendapatkan server dan semua sumber dayanya untuk diri anda dan masing-masing pengguna lainnya sendiri).

Kami biasa menganalogikannya dengan; menggunakan Shared Hosting artinya anda menyewa salah satu folder dalam komputer yang disediakan

Umumnya Shared Hosting adalah jenis hosting termurah yang dipasarkan. Memang benar bahwa hosting jenis ini dapat langsung digunakan, tetapi dalam perkembangannya pengguna merasa sesak atau sempit dengan keterbatasan ruang dan fitur yang disediakan.

VPS adalah jenis hosting yang merupakan satu wilayah virtual. lebih fleksibel dan banyak ruang, tapi sedikit lebih mahal. Penyewa memiliki tingkat kontrol yang lebih tinggi.

Kami biasa menganalogikannya dengan; menggunakan VPS artinya anda menyewa satu komputer penuh

Secara umum, penggunaan Shared Hosting adalah untuk situs web statis (situs web dengan konten yang tetap tidak berubah).

Shared Hosting adalah pilihan terbaik untuk website sederhana, seperti situs pribadi dan blog dengan traffic pengunjung lebih kecil. Tidak banyak fitur, tingkat keamanan ketat (ditangani bersama oleh penyedia layanan).

VPS adalah jenis hosting lebih mutakhir, ideal untuk bisnis kecil, toko online, situs pribadi, dan blog yang lebih besar. Fitur yang lebih kaya, keamanan, dan kinerja yang anda sendiri kelola.

#Shared Hosting#VPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.