Panduan Pengelolaan WordPress

WordPress hadir dengan drag and drop menu interface yang dapat dengan mudah digunakan untuk navigasi header, menu dengan pilihan sub menu dropdown, dan lainnya.

Panduan wordpress kali ini, akan menunjukkan step by step cara menambahkan menu navigasi dengan mudah di WordPress.

Apa itu Menu Navigasi?

Menu navigasi adalah daftar tautan yang menunjuk ke area tertentu situs web. Menu ini biasanya disajikan secara horizontal di bagian atas setiap halaman situs web.

Peran utamanya adalah memberi struktur situs yang baik dalam memudahkan pengunjung menemukan konten atau fitur yang mereka cari. Secara umum seperti inilah tampilan menu navigasi di div.id:

[gambar]

Salah satu fitur pada Backend WordPress membuat pengelolaan menu navigasi situs, seperti penambahan menu dan sub-menu. Anda dapat menambahkan tautan ke laman, kategori atau topik pilar, artikel/postingan, dan bahkan tautan khusus seperti profil sosial media.

Penempatan dan penayangan menu navigasi bergantung pada tema yang digunakan. Secara umum tema WordPress memiliki pilihan, agar pengguna dapat membuat beberapa menu navigasi dan ditampilkan di beberapa pilihan tempat yang berbeda pula.

Pada umumnya tema WordPress memberi pilihan penayangan dengan sebutan menu navigasi utama (yang muncul di bagian atas). Beberapa tema lainnya juga biasanya menambahkan menu sekunder, menu footer, atau menu navigasi seluler.

Cara Membuat Menu Navigasi di WordPress

Untuk membuat menu navigasi di WordPress, kunjungi halaman Tampilan »Menu di dashboard admin.

penamaan menu bergantung pada pilihan bahasa situs yang anda gunakan, pada contoh di div.id, kami mengasumsikan pengguna menggunakan bahasa indonesia sebagai bahasa situs

[gambar]

Pertama, berikan nama untuk menu tersebut (contoh ‘Menu Navigasi Top’) kemudian klik tombol ‘Buat Menu’. Selanjutnya akan terlihat seperti ini:

[gambar]

Berikutnya, anda dapat memilih halaman yang ingin ditambahkan ke menu. Semua halaman tingkat atas baru dapat ditambahkan secara otomatis, atau anda dapat memilih halaman tertentu pada kolom kiri.

Pertama, klik tab ‘Lihat Semua’ untuk melihat semua halaman situs Anda. Setelah itu klik kotak di sebelah setiap halaman yang ingin Anda tambahkan ke menu Anda, dan kemudian klik tombol ‘Tambahkan ke Menu’.

[gambar]

Setelah halaman Anda ditambahkan, Anda dapat memindahkannya dengan menyeret dan menjatuhkannya.

[gambar]

Catatan: Semua menu memuat itemnya dalam daftar vertikal (atas ke bawah) di editor menu. Ketika Anda menempatkan menu langsung di situs Anda, itu akan ditampilkan secara vertikal atau horizontal (kiri ke kanan), tergantung pada lokasi yang Anda pilih.

Sebagian besar tema memiliki beberapa lokasi berbeda tempat Anda dapat meletakkan menu. Dalam contoh ini, kami menggunakan tema 2020 standar, yang memiliki 5 lokasi berbeda.

Setelah menambahkan halaman ke menu, pilih lokasi di mana Anda ingin menampilkan menu dan klik tombol ‘Simpan Menu’.

[gambar]

Kiat: Jika Anda tidak yakin di mana setiap lokasi, coba simpan menu di tempat yang berbeda, lalu kunjungi situs Anda untuk melihat tampilannya. Anda mungkin tidak ingin menggunakan semua lokasi, tetapi Anda mungkin ingin menggunakan lebih dari satu.

Inilah menu kami yang sudah jadi di situs:

[gambar]

Membuat Menu Drop-Down di WordPress

Menu drop-down, kadang-kadang disebut menu bersarang, adalah menu navigasi dengan item menu induk dan anak. Ketika Anda menjalankan kursor Anda di atas item induk, semua item anak akan muncul di bawahnya dalam sub-menu.

Untuk membuat sub menu, seret item di bawah item induk, lalu seret sedikit ke kanan. Kami telah melakukannya dengan 3 sub-item di bawah ‘Layanan’ di menu kami:

[gambar]

Berikut adalah sub-menu langsung di situs:

[gambar]

Anda bahkan dapat menambahkan beberapa lapisan dropdown, sehingga sub menu Anda dapat memiliki sub menu. Ini pada akhirnya terlihat sedikit berantakan, dan banyak tema tidak mendukung menu drop-down multi-layer.

Dalam contoh ini, Anda dapat melihat bahwa ‘Desain Logo’ (item turunan dari ‘Layanan’) memiliki dua item turunannya sendiri.

[gambar]

Menambahkan Kategori ke Menu WordPress

Jika Anda menggunakan WordPress untuk menjalankan blog, maka Anda mungkin ingin menambahkan kategori blog Anda sebagai drop-down di menu WordPress Anda. Kami melakukan ini di WPBeginner:

[gambar]

Anda dapat dengan mudah menambahkan kategori ke menu Anda dengan mengklik tab Kategori di sisi kiri layar Menu. Anda mungkin juga perlu mengklik tab ‘Lihat Semua’ untuk melihat semua kategori Anda.

Cukup pilih kategori yang ingin Anda tambahkan ke menu, lalu klik tombol ‘Tambahkan ke Menu’.

[gambar]

Kategori akan muncul sebagai item menu biasa di bagian bawah menu Anda. Anda dapat menarik dan melepasnya ke posisi semula. Kami akan meletakkan semua kategori ini di bawah item menu Blog.

[gambar]

Apakah Anda ingin memiliki halaman blog di situs Anda yang terpisah dari beranda Anda? Jika demikian, lihat tutorial kami tentang membedakan penayangan halaman beranda dan postingan blog di WordPress.

Menambahkan Tautan Kustom ke Menu Navigasi WordPress Anda

Selain dari kategori dan halaman, WordPress juga membuatnya sangat mudah untuk menambahkan tautan khusus ke menu Anda. Anda dapat menggunakannya untuk menautkan ke profil media sosial Anda , toko online Anda , dan / atau situs web lain yang Anda miliki.

Anda harus menggunakan tab ‘Tautan Khusus’ di layar Menu. Cukup tambahkan tautan beserta teks yang ingin Anda gunakan di menu Anda.

[gambar]

Anda bahkan dapat menjadi kreatif dan menambahkan ikon media sosial di menu Anda .

[gambar]

Mengedit atau Menghapus Item Menu di Menu Navigasi WordPress

Ketika Anda menambahkan halaman atau kategori ke menu navigasi kustom Anda, WordPress menggunakan judul halaman atau nama kategori sebagai teks tautan. Anda dapat mengubah ini jika Anda mau.

Item menu apa pun dapat diedit dengan mengklik panah ke bawah di sebelahnya.

[gambar]

Anda dapat mengubah nama item menu di sini. Ini juga tempat Anda dapat mengklik ‘Hapus’ untuk mengambil tautan dari menu Anda sekaligus.

Jika Anda kesulitan dengan antarmuka seret dan lepas, maka Anda juga dapat memindahkan item menu dengan mengklik tautan ‘Pindahkan’ yang sesuai.

Menambahkan Menu WordPress di Sidebars dan Footers

Anda tidak harus hanya tetap berpegang pada lokasi tampilan untuk tema Anda. Anda dapat menambahkan menu navigasi di area mana saja yang menggunakan widget, seperti sidebar atau footer Anda.

Cukup buka Appearance »Widgets dan tambahkan widget ‘Navigation Menu’ ke sidebar Anda. Selanjutnya, tambahkan judul untuk widget dan pilih menu yang benar dari daftar turun bawah ‘Select Menu’.

[gambar]

Berikut adalah contoh menu footer WordPress khusus yang tayang di div.id.

Melangkah Lebih Lanjut dengan Menu Navigasi

Jika Anda ingin membuat menu yang benar-benar epik dengan banyak tautan, kami memiliki tutorial tentang cara membuat menu mega di WordPress . Ini memungkinkan Anda membuat drop-down dengan banyak item termasuk gambar.

[gambar]

Menu besar adalah pilihan bagus jika Anda memiliki situs besar, seperti toko online atau situs berita. Jenis menu ini digunakan oleh situs-situs seperti Reuters, Buzzfeed, Starbucks, dll.

Kami harap artikel ini membantu Anda mempelajari cara menambahkan menu navigasi di WordPress. Anda mungkin juga ingin melihat panduan kami tentang cara menata menu navigasi di WordPress dan cara membuat menu navigasi apung melayang di WordPress .

#wp_nav_menu()

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.